Rabu, 03 Juni 2015

Contoh silabus yang baik dan lengkap



SILABUS

Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                       : VI ( Enam )
Semester                                  : Gasal
Tahun                                      : 2015 / 2016
Alokasi Waktu                        : 42 Jam Pelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatann
Belajar
Alokasi Waktu tiap KD
Sumber Belajar
Media
Evaluasi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.1 Menjelaskan arti dan tugas Khulafaurrasyidin
1.Menjelaskan arti khulafaurrasyidin secara bahasa dan istilah
2. Mengerti tokoh-tokoh yang termasuk dalam khulafaurrasyidin
3. Menjelaskan tugas-tugas khulafaurrasyidin dalam membantu Rasulullah SAW menyebarkan ajaran islam

Khulafaurrasyidin secara bahasa berate menggantikan atau pengganti. sedangkan menurut istilah yaitu tanggung jawab umum yang dikehendaki syariat untuk mewujudkan kemaslahatan umat dengan merujuk kepadanya. Adapun tugas khulafaurrasyidin yakni menggantikan tugas kepemimpinan Rasulullah SAW setelah beliau wafat, mengatasi persoalan umat, dan juga masalah-masalah yang berkenaan dengan pemerintahan umat islam pada saat itu.

    Mencermati penjelasan guru tentang pengertian dan tugas khulafaurrasyidin.
2 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah
-LCD
-Papan Tulis
-Gambar tokoh khulafaurrasyidin

Tes tulis
1. Jelaskan Jelaskan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa istilah !

 2. Jelaskan tokoh-toh yang termasuk dalam khulafaurrasyidin!
3. Sebutkan tugas-tugas khulafaurrasyidin dalam membantu dakwah Rasulullah SAW ?


Butir Soal
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan Perjuanganya dalam dakwah islam
1. Menceritakan riwayat hidup Abu Bakar as-Shiddiq sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Abu Bakar as-Shiddiq
3..Menceritakan kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq yang dikenal bersih dan jujur
4. Menceritakan kepiwaian Abu Bakar dalam mengajak sahabat untuk masuk islam ketika dakwah Rasulullah SAW masih dilakukan secara sembunyi-sembunyi

Nama aslinya adalah Abdullah bin Abi Qufahah at Tamimi.para sahabat menyebutnya Abu Bakar karena pagi-pagi betul beliau masuk islam. Ia diberi gelar al-Shiddiq (yang terpercaya).karena segera membenarkan Rasul dlaat, dan juga masalah-masalah yang berkenaan dengan pemerintahan pada saat itu.anan berbagai peristiwa termasuk Isra Mi’raj. Ia memiliki watak yang kuat, jujur dan dinamis.berjuanganya dalam dakwah islam yakni berupaya menumpas nabi palsu, mengumpulkan naskah Al-Quran, dan melakukan ekspansi untuk perluasan wilayah islam diberbagai wilayah  seperti Suriah, Dmaskus, al-Hirah, Bushra, dan Palestina.



-Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Abu Bakar

   -Membaca buku tentang kepribadian Abu Bakar

 -Melihat video durasi pendek tentang riwayat hidup Abu Bakar.

4 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
- Internet
-LCD
-Film tentang Abu Bakar as-Shiddiq
1. Tes Tulis
2. Performance / Presentasi

1.Jelaskan riwayat hidup Abu Bakar secara singkat dan jelas!
2.Siapakah nama ayah dan ibu dari Abu Bakar as-shiddiq ?
3.Mengapa Abu Bakar mendapatkan gelas as-shiddiq ?
Butir soal
-Keaktifan
-ketepatan jawaban

1.3 Menunjukan contoh-contoh nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
1.  Menjelaskan model dan cara pemilihan khalifah Abu Bakar
2. Menceritakan peranan khalifah Abu Bakar dalam menumpas para pemberontak
3. Menjelaskan jasa khalifah Abu Bakar dalam kodifikasi Al-Quran
4. Menjelaskan kegigihan khalifah Abu Bakar dalam perluasan wilayah kekuasaan islam
Walaupun telah menjadi khalifah, namun kehidupan Abu Bakar sangatlah sederhana. Beliau juga merupakan sosok figure pemimpin yang sangat bersih, jujur dan demokratis. Beliau juga sosok yang rendah hati, terlihat dari sikapnya yang selalu siap untuk dikritik dan diberi masukan atau saran.

Mencermati penjelasan guru tentangnilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar.



4 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
- Internet


-LCD
- Papan tulis

1.Tes Tulis
2. Performence
1.Jelaskan  model dan cara pemilihan khalifah Abu Bakar!
2. Apa sajakah peran Abu Bakar selama menjadi khalifah ?

Butir soal
-Keaktifan
-ketepatan jawaban

1.4 Meneladani nila-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar as-Shiddiq
1.Meneladani kesetiaan Abu Bakar sebagai sahabat Rasul SAW dalam implikasi kehidupan sekarang
2. Meneladani sikap tegas khalifah Abu Bakar dalam memerangi nabi palsu dan orang-orang munafik yang terimplikasi dalam kehidupan masa kini
3. Meneladani kegigihan khalifah Abu Bakar

Abu Bakar adalah seorang figure pemimpin yang memiliki jiwa bersih, jujur, dan sangatlah demokratis. Sebagai pemimpin, ia siap untuk dikritik dan diberi saran. Kepedulianya terhadap keslamatan umat terwujud dari pemberantasan nabi palsu dan pelurusan kembali orang yang melenceng dari ajaran islam. Apabila sosok pemimpin seperti Abu Bakar ada pada pemerintahan masa kini, tidak mustahil keadilan dan kemarmuran akan merata pada setiap lapisan masyarakat.
Membiasakan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As- Siddiq yang dapat diteladani dalam kehidupan seharai-hari melalui diskusi kelas.

2 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
- Internet
-LCD
-Film tentang kepemimpinan dan perjuangan khalifah Abu Bakar as-Shiddiq

Diskusi
Hal apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Abu Bakar ?

-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
2.1 Menceritakan silsilah, Kepribadian Umar bin Khattab dan perjuanganya dalam dakwah islam
1. Menceritakan riwayat hidup Umar bin Khattab sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Umar bin Khattab
3. Menceritakan kondisi keluarga Umar bin Khattab
4.Menceritakan sikap kesederhanaan dari Umar bin Khattab dalam kehidupan sehari-hari
5. Menceritakan kepribadian Umar bin Khattab yang dikenal dengan wataknya yang terpuji
6. Menjelaskan sikap saleh, adil dan kuat dari seorang Umar bin Khattab
SAW
7. Menceritakan keikutsertaan Umar bin Khattab dalam membantu dakwah Rasul

Umar bin Khattab lahir pada 13 Hijriah tahun 634 Masehi dan wafat pada 23 H atau 644M akibat dibunuh. Beliau adalah anak dari Nufail al-Quraisy dari suku Bani Aldi.Tidak jauh dengan Abu Bakar, Umar juga bergaya hidup sederhana dan hemat. Ia juga energik dan berbakat, berperawakan tinggi, dan kuat. Ia dikenal dengan wataknya yang terpuji, saleh, adil dan sederhana.
Umar mempunyai peran yang cukup besar dalam dakwah islam, khusunya pada saat beliau menjadi khalifah. Adapun yang dapat Ia capai saat menjadi khalifah yakni, membentuk dewan formatur untuk mengurusi urusan pemerintahan, berhasil membagi wilayah islam menjadi 8 propinsi, perluasan wilayah islam, mendirikan baitul Mal, menciptakan tahun hijriah, dan berhasil menempa mata uang.

    -Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Umar bin Khattab
    -Membaca kisah tentang riwayat kepribadian Umar bin Khattab
    -Menggaliinformasitentangperjuangan Umar bin Khattab dalamdakwah Islam


4 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
- Internet
-Gambar silsilah keturunan Utsman bin Affan
-Gambar Umar bin Khattab
1. Tes Tulis
2.Performance
1. Jelaskan secara singkat riwayat hidup Umar bin Khattab!
2. Bagaimanakah sisilah keturunan Umar bin Khattab hingga bertemu nasab dengan Rasulullah SAW ?
3. Bagaimanakah akhlaq Umar bin Khattab ?

Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
2.2 Menunjukan contoh-contoh nilai positif dari  khalifah Umar bin Khattab
1.Menunjukan Model dan cara pengangkatan Khalifah Umar bin Khattab
2.Menjelaskan istilah Amir al-Muminin dan khalifah-khalifah Rasul Allah yang diperkenalkan oleh Umar bin Khattab
3.Menunjukan kepiawaian khalifah Umar bin Khattab dalam mengatur administrasi pemerintahan
4. Menjelaskan cara yang dilakukan
khalifah Umar bin Khattab dalam membentuk system administrasi dan mendirikan pemerintahan imperium baru
5.Menunjukan keberhasilan khalifah Umar bin Khattab dalam menetapkan kalender islam yang masih digunakan hingga saat ini

Umar adalah seorang pemimpin yang bergaya hidup sederhana dan hemat. Ia juga energik dan berbakat, berperawakan tinggi, dan kuat. Ia dikenal dengan wataknya yang terpuji, saleh, adil dan sederhana. Umar bin Khattab juga seorang pemimpin yang memiliki jiwa pemberani terhadap siapa saja yang membangkang dari ajaran islam, tegas dalam menghadapi kebhatilan dan pandai berdiplomasi.

-Mensosiodramakan Model dan cara pengangkatan Khalifah Umar bin Khattab
-Mensosiodramakan tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam membentuk lembaga-lembaga Negara
     -Melacakinformasitentangkebijakan Umar bin Khattabdalammenetapkankalenderhijriah
    

6 jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-Internet
-Sumber lain yang relevan
-LCD
-Papan Tulis
-Gambar Umar bin Khattab
-Media lain yang relevan
1. Tes Tulis
2. Performance individu
3. Performance kelompok
4. Diskusi
1.Bagaimanakah model pemilihan khalifah Umar bin Khattab ?
2.Bagaimanakah cara Umar bin Khattab dalam mengatur pemerintahan ?
3. Apa yang melatar belakangi khalifah Umar bin Khattab menetapkan kalender hijriah?
-Butir soal
-Keaktifan
-Kekompakan
-Kerjasama
-Ketepatan
2.3 Meneladani nila-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab
1. Meneladani gaya hidup Umar bin Khattab yang sederhana yang terimplikasi dalam kehidupan sehari-hari
2. Meneladani sifat Umar bin Khattab yang hemat, kuat dan energik dalam kehidupan sehari-hari
3. Mencontoh watak terpuji dari Umar bin Khattab yang saleh, adil, dan sederhana
4. Meneladani kepiawaian khalifah Umar bin Khattab dalam mengatur administrasi pemerintaha

Umar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang memiliki jiwa pemberani terhadap siapa saja yang membangkang dari ajaran islam, tegas dalam menghadapi kebhatilan dan pandai berdiplomasi. Umar bin Khattab telah mengubah anak-anak padang pasir yang liar menjadi bangsa pejuang yang berdisiplin tinggi. Ia juga mampu membangun imperium yang cukup kuat. Umar bin Khattab telah mengukir sejarah islam dengan perluasan wilayah yang spektakuler.  Apabila para pemimpin pada masa sekarang meneladani kepribadian Umar bin Khattab yang agung, maka akan tercipta stabilitas bangsa dan Negara yang mantap.

Membiasakan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab yang dapat diteladani dalam kehidupan seharai-hari melalui diskusi kelas.

2 jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-Internet
-Sumber lain yang relevan
-LCD
- Papan Tulis
-Media pendukung lain yang relevan
Diskusi
Hal apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Umar bin Khatta?

-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuanganya dalam dakwah islam
1. Menceritakan riwayat hidup Utsman bin Affan  sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Utsman bin Affan
3.Menceritakan sosok Utsman bin Affan yang saleh
4. Menceritakan pribadi Utsman bin Affan sebagai sosok yang bijak dan mulia
5.Menceritakan perjuangan dakwah Utsman bin Affan dalam mensyiarkan ajaran islam

Beliau bernama Utsman bin ‘Aggan bin Abdil Ash bin Umaiyah. Utsman merupakan sosok yang saleh, mulia dan bijaksana. Meskipun sudah tua renta tetapi ia tidak kuasa untuk menolak tuntutan kerabat dekatnya, yakni Umar bin Khattab untuk menggantikanya sebagai khalifah. Pemerintahan Utsman berlangsung selama 12 tahun. Dalam dakwah islam, ia berhasil membangun masjid dan melakukan perluasan masjid Nabi di Madinah. Beliau juga berhasil melakukan kodifikasi Al-Quran, dan melakukan ekspansi di banyak wilayah, seperti di Khurasan, Iskandaria, Barqah, Tunisia, Cyprus, dll.

-Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Utsman bin Affan
    -Menyebutkan sifat-sifat terpuji Utsman bin Affan
    -Menggali informasi tentang perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam

6 jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-Internet
-Sumber lain yang relevan
-Bagan silsilah keturunan Utsman bin Affan
-Media pendukung lain
-Test tertulis
-Performance
1. Jelaskan secara singkat riwayat hidup Utsman bin Affan !
2. Jelaskan silsilah keturunan Utsman bin Affan !
3. Bagaimanakah kepribadian Utsman bin Affan?

-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
3.2 Menunjukan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Utsman bin Affan
1.Menjelaskan Model dan cara pengangkatan khalifah Utsman bin Affan
2.Menunjukan keberhasilan Utsman bin Affan dalam menumpas wilayah Khurasan,Iskandaria, dsb.
3.Menunjukan taktik yang dilakuakn Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah
4.Menjelaskan keberhasilan Utsman bin Affan dalam mebangun sarana masjid,jembatan, dan perluasan masjid
5. Menjelaskan keberhasilan Utsman bin Affan dalam membukukan firman Tuhan (Kodifikasi Al-Quran) yang dikenal dengan mushaf Usmani

Utsman bin Affan yang patut kita teladani adalah ia seorang pemimpin yang terbuka dan demokratis.ia juga  seorang sosok yang saleh, mulia dan bijaksana.
-Mensosiodramakan cara pengangkatan khalifah Utsman bin Affan
 - Menggali informasi tentang taktik yang dilakuakn Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah
- Bermain lacak jawab tentang  kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam Utsman bin Affan dalam mebangun sarana, masjid,jembatan, dsb.
  - Mensosiodramakan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an


4 jam
Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-LCD
-Power point
-Kartu lacak jawaban
-Media pendukung lain
1.Tes tulis
2. Performance
1.Jelaskan model dan cara pengangkatan khalifah Utsman bin Affan!
2.Bagaimana taktik yang dilakuakn Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah?
3. Apa sajakah keberhasilan yang di capai dari kepemimpinan khalifah Utsman bin Affan ?
-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
3.3 Meneladani nila-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan
1.Meneladani pribadi Utsman bin Affan yang saleh, mulia dan bijak dalam kehidupan sehari-hari
2. Meneladani sifat Utsman bin Affan yang lemah lembut
3.Meneladani kepedulian Utsman bin Affan terhadap islam

Utsman bin Affan adalah seorang pemimpin yang berjuang meneruskan khalifah pendahulunya. Ia berhasil melakukanperluasan wilayah kekuasaanya yang patut dikenang. Ia mampu membentuk angkatan laut Arab. Adapun corak kepemimpinan Utsman bin Affan yang patut kita teladani adalah ia seorang pemimpin yang terbuka dan demokratis.
Membiasakan meneladani sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari


2 jam
Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-LCD
- Papan Tulis
-Media pendukung lain yang relevan
Diskusi
Hal apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Utsman bin Affan?

-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban



SILABUS

Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                       : VI ( Enam )
Semester                                  : Genap
Tahun                                      : 2015 / 2016
Alokasi Waktu                        : 22 Jam Pelajaran


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatann
Belajar
Alokasi Waktu tiap KD
Sumber Belajar
Media
Evaluasi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
1. Menceritakan riwayat hidup Ali bin Abi Thalib sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Ali bin Abi Thalib
3.Menjelaskan pribadi Ali bin Abi Thalib yang pemberani,kuat dan tangguh
4.Menjelaskan model pengangkatan khalifah Ali bin Abi Thalib
5.Menceritakan peristiwa perang Jamal
6.Menceritakan peristiwa tentang perang Shiffin

7.Menceritakan gerakan yang dilakukan Ali bin Abi Thalib dalam pemerintahanya

Ali bin Abi Thalib merupakan sepupu dari nabi Muhammad SAW dan sekaligus suami dari anaknya yaitu Fatimah. Wataknya ramah, bersahabat, saleh, dan juga pemberani. Adapun perjuangan khalifah Ali diantaranya yaitu memindahkan pusat pemerintahan islam ke Kufah, memecat para gubernur yang diangkat oleh khalifah Utsman dan menarik kembali harta dan tanah yang pernah dihadiahkan kepada kerabat Utsman dengan jalan yang tidak sah, beliau ( Ali ) juga menerapkan kembali system pajak yang pernah dilaksnakan pada masa pemerintahan Umar, dan melakukan perlwanan terhadap para pemberontak.
-Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Ali bin Abi Thalib

   -Membaca buku tentang kepribadian Ali bin Abi Thalib

 -Melihat video durasi pendek tentang riwayat hidup Abu Bakar.
-Berdiskusi mengenai cara khalifah Ali bin Abi Thalib dalam memimpin umat
8Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
-Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid
- Internet
-LCD
-Film tentang Ali bin Abi Thalib
 -Gambar khalifah Ali bin Abi Thalib
-Gambar silsilah keturunan Ali bin Abi Thalib

1. Tes Tulis
2. Performance / Presentasi
3.Diskusi
1.Jelaskan riwayat hidup Ali bin Abi Thalib
Dengan jelas jelas!
2.Bagaimanakah sislsilah keturunan dari Ali bin Abi Thalib
 ?
3.Bagaimanacara yang yang dilakukan Ali dalam memimpin umat ?
4.Jelaskan sebab terjadinya perang jamal dan paparkan pula proses terjadinya ?
5.Apakah penyebab terjadinya perang shiffin?
6.Gerakan apa sajakah yang dilakukan khalifah Ali bin Abi Thalib dalam melawan pemberontak ?
7.Kelompok-kelompok apasajakah yang muncul pada masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib ?
-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan Jawaban
-Kekompakan dalam kerja kelompok
4.2 Menunjukan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
1 Menjelaskan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib dalam mengatasi perpecahan dan kekacauan dalam negri
2.Menceritakan kemampuan khalifah Ali bin Abi Thalib dalam mengatasi roda pemerintahan yang kurang menguntungkan

Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah yang berwatak  ramah, bersahabat, saleh, dan juga pemberani. Ia juga dikenal sebagai seorang yang gagah pemberani, tangkas, dan pandai bermain pedang. Ketika menjadi khalifah, ia mengerahkan segala potensinya untuk mengatasi perpecahan umat dan kekacauan dalam negri.
Mencermati penjelasan guru tentang nilai-nilai positif dari khalifah Ali bin Abi Thalib


4 Jam
-Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
- Internet


-LCD
- Papan tulis
-Gambar khalifah Ali bin Abi Thalib
1.Tes Tulis

1.Jelaskan  perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib dalam mengatasi perpecahan dan kekacauan dalam negri !
2. Bagaimanakah peran khalifah Ali bin Abi Thalib dalam mengatasi roda pemerintahan ?


Butir soal

4.3 Meneladani nila-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
1.Meneladani sikap khalifah Ali yang tangkas, berani dan gagah
2. Meneladani kerja keras khalifah Ali bin Abi Thalib dalam mengatasi persoalan umat yang diimplikasikan dalam kehidupan masa kini
3. Meneladani sikap Ali yang tangguh dalam menghadapi para pemberontak
4.Meneladani perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib dalam menjaga keutuhan umat

Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai seorang yang gagah pemberani, tangkas, dan pandai bermain pedang. Ketika menjadi khalifah, ia mengerahkan segala potensinya untuk mengatasi perpecahan umat dan kekacauan dalam negri. Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah yang ditetapkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Akan tetapi ia mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Ali bin Abi Thalib senantiasa berjuang demi keutuhan umat. Apabila para pemimpin pada zaman sekarang mau mengambil pelajaran dari khalifah Ali bin Abi Thalib, maka kekacauan negri dapat mudah teratasi.
Membiasakan meneladani sifat kedermawanan Ali bin Abi Thalibsehari-hari


4 jam
Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A. Kholid

-LCD
- Papan Tulis
-Media pendukung lain yang relevan
Diskusi
Hal apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Ali bin Abi Thalib ?
-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban












Tidak ada komentar:

Posting Komentar