SILABUS
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI ( Enam )
Semester : Gasal
Tahun : 2015 / 2016
Alokasi
Waktu : 42 Jam
Pelajaran
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatann
Belajar
|
Alokasi Waktu
tiap KD
|
Sumber Belajar
|
Media
|
Evaluasi
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|||||||
1.1
Menjelaskan arti dan tugas Khulafaurrasyidin
|
1.Menjelaskan
arti khulafaurrasyidin secara bahasa dan istilah
2. Mengerti tokoh-tokoh yang termasuk
dalam khulafaurrasyidin
3. Menjelaskan tugas-tugas
khulafaurrasyidin dalam membantu Rasulullah SAW menyebarkan ajaran islam
|
Khulafaurrasyidin
secara bahasa berate menggantikan atau pengganti. sedangkan menurut istilah
yaitu tanggung jawab umum yang dikehendaki syariat untuk mewujudkan
kemaslahatan umat dengan merujuk kepadanya. Adapun tugas khulafaurrasyidin
yakni menggantikan tugas kepemimpinan Rasulullah SAW setelah beliau wafat,
mengatasi persoalan umat, dan juga masalah-masalah yang berkenaan dengan
pemerintahan umat islam pada saat itu.
|
Mencermati penjelasan guru
tentang pengertian dan tugas khulafaurrasyidin.
|
2 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah
|
-LCD
-Papan
Tulis
-Gambar
tokoh khulafaurrasyidin
|
Tes tulis
|
1.
Jelaskan Jelaskan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa istilah !
2. Jelaskan tokoh-toh yang termasuk dalam
khulafaurrasyidin!
3. Sebutkan tugas-tugas
khulafaurrasyidin dalam membantu dakwah Rasulullah SAW ?
|
Butir Soal
|
1.2
Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan Perjuanganya
dalam dakwah islam
|
1.
Menceritakan riwayat hidup Abu Bakar as-Shiddiq sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Abu
Bakar as-Shiddiq
3..Menceritakan kepribadian Abu Bakar
as-Shiddiq yang dikenal bersih dan jujur
4.
Menceritakan kepiwaian Abu Bakar dalam mengajak sahabat untuk masuk islam
ketika dakwah Rasulullah SAW masih dilakukan secara sembunyi-sembunyi
|
Nama
aslinya adalah Abdullah bin Abi Qufahah at Tamimi.para sahabat menyebutnya
Abu Bakar karena pagi-pagi betul beliau masuk islam. Ia diberi gelar al-Shiddiq (yang terpercaya).karena
segera membenarkan Rasul d
seperti Suriah, Dmaskus, al-Hirah, Bushra, dan Palestina. an
berbagai peristiwa termasuk Isra Mi’raj. Ia memiliki watak yang kuat, jujur
dan dinamis.berjuanganya dalam dakwah islam yakni berupaya menumpas nabi
palsu, mengumpulkan naskah Al-Quran, dan melakukan ekspansi untuk perluasan
wilayah islam diberbagai wilayah
|
-Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Abu Bakar
-Membaca buku tentang kepribadian Abu Bakar
-Melihat video durasi pendek tentang riwayat
hidup Abu Bakar.
|
4 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-
Internet
|
-LCD
-Film
tentang Abu Bakar as-Shiddiq
|
1. Tes Tulis
2. Performance / Presentasi
|
1.Jelaskan riwayat hidup Abu Bakar
secara singkat dan jelas!
2.Siapakah nama ayah dan ibu dari Abu
Bakar as-shiddiq ?
3.Mengapa Abu Bakar mendapatkan gelas
as-shiddiq ?
|
Butir soal
-Keaktifan
-ketepatan jawaban
|
1.3
Menunjukan contoh-contoh nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
1. Menjelaskan model dan cara pemilihan
khalifah Abu Bakar
2. Menceritakan peranan khalifah Abu
Bakar dalam menumpas para pemberontak
3.
Menjelaskan jasa khalifah Abu Bakar dalam kodifikasi Al-Quran
4. Menjelaskan kegigihan khalifah Abu
Bakar dalam perluasan wilayah kekuasaan islam
|
Walaupun
telah menjadi khalifah, namun kehidupan Abu Bakar sangatlah sederhana. Beliau
juga merupakan sosok figure pemimpin yang sangat bersih, jujur dan
demokratis. Beliau juga sosok yang rendah hati, terlihat dari sikapnya yang
selalu siap untuk dikritik dan diberi masukan atau saran.
|
Mencermati
penjelasan guru tentangnilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar.
|
4 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-
Internet
|
-LCD
-
Papan tulis
|
1.Tes Tulis
2. Performence
|
1.Jelaskan model dan cara pemilihan khalifah Abu
Bakar!
2.
Apa sajakah peran Abu Bakar selama menjadi khalifah ?
|
Butir soal
-Keaktifan
-ketepatan jawaban
|
1.4
Meneladani nila-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar as-Shiddiq
|
1.Meneladani
kesetiaan Abu Bakar sebagai sahabat Rasul SAW dalam implikasi kehidupan
sekarang
2. Meneladani sikap tegas khalifah Abu
Bakar dalam memerangi nabi palsu dan orang-orang munafik yang terimplikasi
dalam kehidupan masa kini
3. Meneladani kegigihan khalifah Abu
Bakar
|
Abu
Bakar adalah seorang figure pemimpin yang memiliki jiwa bersih, jujur, dan
sangatlah demokratis. Sebagai pemimpin, ia siap untuk dikritik dan diberi
saran. Kepedulianya terhadap keslamatan umat terwujud dari pemberantasan nabi
palsu dan pelurusan kembali orang yang melenceng dari ajaran islam. Apabila
sosok pemimpin seperti Abu Bakar ada pada pemerintahan masa kini, tidak
mustahil keadilan dan kemarmuran akan merata pada setiap lapisan masyarakat.
|
Membiasakan nilai-nilai positif
dari kekhalifahan Abu Bakar As- Siddiq yang dapat diteladani dalam kehidupan
seharai-hari melalui diskusi kelas.
|
2 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-
Internet
|
-LCD
-Film
tentang kepemimpinan dan perjuangan khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
Diskusi
|
Hal
apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Abu Bakar ?
|
-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
|
2.1
Menceritakan silsilah, Kepribadian Umar bin Khattab dan perjuanganya dalam
dakwah islam
|
1.
Menceritakan riwayat hidup Umar bin Khattab sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Umar
bin Khattab
3.
Menceritakan kondisi keluarga Umar bin Khattab
4.Menceritakan sikap kesederhanaan
dari Umar bin Khattab dalam kehidupan sehari-hari
5. Menceritakan kepribadian Umar bin
Khattab yang dikenal dengan wataknya yang terpuji
6. Menjelaskan sikap saleh, adil dan
kuat dari seorang Umar bin Khattab
SAW
7. Menceritakan keikutsertaan Umar bin
Khattab dalam membantu dakwah Rasul
|
Umar
bin Khattab lahir pada 13 Hijriah tahun 634 Masehi dan wafat pada 23 H atau
644M akibat dibunuh. Beliau adalah anak dari Nufail al-Quraisy dari suku Bani
Aldi.Tidak jauh dengan Abu Bakar, Umar juga bergaya hidup sederhana dan
hemat. Ia juga energik dan berbakat, berperawakan tinggi, dan kuat. Ia
dikenal dengan wataknya yang terpuji, saleh, adil dan sederhana.
Umar
mempunyai peran yang cukup besar dalam dakwah islam, khusunya pada saat
beliau menjadi khalifah. Adapun yang dapat Ia capai saat menjadi khalifah
yakni, membentuk dewan formatur untuk mengurusi urusan pemerintahan, berhasil
membagi wilayah islam menjadi 8 propinsi, perluasan wilayah islam, mendirikan
baitul Mal, menciptakan tahun hijriah, dan berhasil menempa mata uang.
|
-Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Umar bin Khattab
-Membaca
kisah tentang riwayat kepribadian Umar bin Khattab
-Menggaliinformasitentangperjuangan
Umar bin Khattab dalamdakwah Islam
|
4 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-
Internet
|
-Gambar
silsilah keturunan Utsman bin Affan
-Gambar
Umar bin Khattab
|
1. Tes Tulis
2.Performance
|
1. Jelaskan secara singkat riwayat
hidup Umar bin Khattab!
2. Bagaimanakah sisilah keturunan Umar
bin Khattab hingga bertemu nasab dengan Rasulullah SAW ?
3. Bagaimanakah akhlaq Umar bin
Khattab ?
|
Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
|
2.2
Menunjukan contoh-contoh nilai positif dari
khalifah Umar bin Khattab
|
1.Menunjukan
Model dan cara pengangkatan Khalifah Umar bin Khattab
2.Menjelaskan istilah Amir al-Muminin dan khalifah-khalifah Rasul Allah yang
diperkenalkan oleh Umar bin Khattab
3.Menunjukan kepiawaian khalifah Umar
bin Khattab dalam mengatur administrasi pemerintahan
4. Menjelaskan cara yang dilakukan
khalifah Umar bin Khattab dalam
membentuk system administrasi dan mendirikan pemerintahan imperium baru
5.Menunjukan keberhasilan khalifah
Umar bin Khattab dalam menetapkan kalender islam yang masih digunakan hingga
saat ini
|
Umar
adalah seorang pemimpin yang bergaya hidup sederhana dan hemat. Ia juga
energik dan berbakat, berperawakan tinggi, dan kuat. Ia dikenal dengan
wataknya yang terpuji, saleh, adil dan sederhana. Umar bin Khattab juga
seorang pemimpin yang memiliki jiwa pemberani terhadap siapa saja yang
membangkang dari ajaran islam, tegas dalam menghadapi kebhatilan dan pandai
berdiplomasi.
|
-Mensosiodramakan
Model dan cara pengangkatan Khalifah Umar bin
Khattab
-Mensosiodramakan
tentang kebijakan Umar bin Khattab dalam membentuk lembaga-lembaga Negara
-Melacakinformasitentangkebijakan Umar bin
Khattabdalammenetapkankalenderhijriah
|
6 jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
-Internet
-Sumber
lain yang relevan
|
-LCD
-Papan
Tulis
-Gambar Umar bin Khattab
-Media lain yang relevan
|
1. Tes Tulis
2. Performance individu
3. Performance kelompok
4. Diskusi
|
1.Bagaimanakah model pemilihan
khalifah Umar bin Khattab ?
2.Bagaimanakah cara Umar bin Khattab
dalam mengatur pemerintahan ?
3. Apa yang melatar belakangi khalifah
Umar bin Khattab menetapkan kalender hijriah?
|
-Butir soal
-Keaktifan
-Kekompakan
-Kerjasama
-Ketepatan
|
2.3
Meneladani nila-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab
|
1.
Meneladani gaya hidup Umar bin Khattab yang sederhana yang terimplikasi dalam
kehidupan sehari-hari
2. Meneladani sifat Umar bin Khattab
yang hemat, kuat dan energik dalam kehidupan sehari-hari
3. Mencontoh watak terpuji dari Umar
bin Khattab yang saleh, adil, dan sederhana
4. Meneladani kepiawaian khalifah Umar
bin Khattab dalam mengatur administrasi pemerintaha
|
Umar
bin Khattab adalah seorang pemimpin yang memiliki jiwa pemberani terhadap
siapa saja yang membangkang dari ajaran islam, tegas dalam menghadapi
kebhatilan dan pandai berdiplomasi. Umar bin Khattab telah mengubah anak-anak
padang pasir yang liar menjadi bangsa pejuang yang berdisiplin tinggi. Ia
juga mampu membangun imperium yang cukup kuat. Umar bin Khattab telah
mengukir sejarah islam dengan perluasan wilayah yang spektakuler. Apabila para pemimpin pada masa sekarang
meneladani kepribadian Umar bin Khattab yang agung, maka akan tercipta
stabilitas bangsa dan Negara yang mantap.
|
Membiasakan nilai-nilai positif
dari kekhalifahan Umar bin Khattab yang dapat diteladani dalam kehidupan seharai-hari
melalui diskusi kelas.
|
2 jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
-Internet
-Sumber
lain yang relevan
|
-LCD
-
Papan Tulis
-Media
pendukung lain yang relevan
|
Diskusi
|
Hal
apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Umar bin Khatta?
|
-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
|
3.1
Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuanganya dalam
dakwah islam
|
1.
Menceritakan riwayat hidup Utsman bin Affan
sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan
Utsman bin Affan
3.Menceritakan sosok Utsman bin Affan
yang saleh
4.
Menceritakan pribadi Utsman bin Affan sebagai sosok yang bijak dan mulia
5.Menceritakan perjuangan dakwah
Utsman bin Affan dalam mensyiarkan ajaran islam
|
Beliau
bernama Utsman bin ‘Aggan bin Abdil Ash bin Umaiyah. Utsman merupakan sosok
yang saleh, mulia dan bijaksana. Meskipun sudah tua renta tetapi ia tidak
kuasa untuk menolak tuntutan kerabat dekatnya, yakni Umar bin Khattab untuk
menggantikanya sebagai khalifah. Pemerintahan Utsman berlangsung selama 12
tahun. Dalam dakwah islam, ia berhasil membangun masjid dan melakukan
perluasan masjid Nabi di Madinah. Beliau juga berhasil melakukan kodifikasi
Al-Quran, dan melakukan ekspansi di banyak wilayah, seperti di Khurasan,
Iskandaria, Barqah, Tunisia, Cyprus, dll.
|
-Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Utsman bin Affan
-Menyebutkan sifat-sifat
terpuji Utsman bin Affan
-Menggali informasi tentang
perjuangan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
|
6 jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
-Internet
-Sumber
lain yang relevan
|
-Bagan
silsilah keturunan Utsman bin Affan
-Media
pendukung lain
|
-Test tertulis
-Performance
|
1. Jelaskan secara singkat riwayat
hidup Utsman bin Affan !
2. Jelaskan silsilah keturunan Utsman
bin Affan !
3. Bagaimanakah kepribadian Utsman bin
Affan?
|
-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
|
3.2
Menunjukan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Utsman bin Affan
|
1.Menjelaskan
Model dan cara pengangkatan khalifah Utsman bin Affan
2.Menunjukan keberhasilan Utsman bin
Affan dalam menumpas wilayah Khurasan,Iskandaria, dsb.
3.Menunjukan taktik yang dilakuakn
Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah
4.Menjelaskan keberhasilan Utsman bin
Affan dalam mebangun sarana masjid,jembatan, dan perluasan masjid
5. Menjelaskan keberhasilan Utsman bin
Affan dalam membukukan firman Tuhan (Kodifikasi
Al-Quran) yang dikenal dengan mushaf Usmani
|
Utsman
bin Affan yang patut kita teladani adalah ia seorang pemimpin yang terbuka
dan demokratis.ia juga seorang sosok
yang saleh, mulia dan bijaksana.
|
-Mensosiodramakan
cara pengangkatan khalifah Utsman bin Affan
- Menggali informasi tentang taktik
yang dilakuakn Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah
- Bermain lacak jawab tentang kebijakan khalifah
Utsman bin Affan dalam Utsman bin Affan
dalam mebangun sarana, masjid,jembatan, dsb.
- Mensosiodramakan kebijakan khalifah
Utsman bin Affan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
|
4 jam
|
Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
|
-LCD
-Power
point
-Kartu
lacak jawaban
-Media
pendukung lain
|
1.Tes tulis
2. Performance
|
1.Jelaskan model dan cara pengangkatan
khalifah Utsman bin Affan!
2.Bagaimana taktik yang dilakuakn
Utsman bn Affan dalam perluasan wilayah?
3. Apa sajakah keberhasilan yang di
capai dari kepemimpinan khalifah Utsman bin Affan ?
|
-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan jawaban
|
3.3
Meneladani nila-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan
|
1.Meneladani
pribadi Utsman bin Affan yang saleh, mulia dan bijak dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Meneladani sifat Utsman bin Affan yang lemah lembut
3.Meneladani kepedulian Utsman bin
Affan terhadap islam
|
Utsman
bin Affan adalah seorang pemimpin yang berjuang meneruskan khalifah
pendahulunya. Ia berhasil melakukanperluasan wilayah kekuasaanya yang patut
dikenang. Ia mampu membentuk angkatan laut Arab. Adapun corak kepemimpinan
Utsman bin Affan yang patut kita teladani adalah ia seorang pemimpin yang
terbuka dan demokratis.
|
Membiasakan meneladani sifat
kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari
|
2 jam
|
Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
|
-LCD
-
Papan Tulis
-Media
pendukung lain yang relevan
|
Diskusi
|
Hal
apa sajakah yang dapat kita teladani dari kepemimpinan Utsman bin Affan?
|
-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
|
SILABUS
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI ( Enam )
Semester : Genap
Tahun : 2015 / 2016
Alokasi Waktu :
22 Jam Pelajaran
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatann
Belajar
|
Alokasi Waktu tiap KD
|
Sumber Belajar
|
Media
|
Evaluasi
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||
4.1 Menceritakan silsilah,
kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
|
1. Menceritakan riwayat hidup Ali bin
Abi Thalib sejak lahir hingga wafatnya
2. Menjelaskan silsilah keturunan Ali
bin Abi Thalib
3.Menjelaskan pribadi Ali bin Abi
Thalib yang pemberani,kuat dan tangguh
4.Menjelaskan model pengangkatan
khalifah Ali bin Abi Thalib
5.Menceritakan peristiwa perang Jamal
6.Menceritakan peristiwa tentang perang Shiffin
7.Menceritakan gerakan yang dilakukan
Ali bin Abi Thalib dalam pemerintahanya
|
Ali
bin Abi Thalib merupakan sepupu dari nabi Muhammad SAW dan sekaligus suami
dari anaknya yaitu Fatimah. Wataknya ramah, bersahabat, saleh, dan juga
pemberani. Adapun perjuangan khalifah Ali diantaranya yaitu memindahkan pusat
pemerintahan islam ke Kufah, memecat para gubernur yang diangkat oleh khalifah
Utsman dan menarik kembali harta dan tanah yang pernah dihadiahkan kepada
kerabat Utsman dengan jalan yang tidak sah, beliau ( Ali ) juga menerapkan
kembali system pajak yang pernah dilaksnakan pada masa pemerintahan Umar, dan
melakukan perlwanan terhadap para pemberontak.
|
-Membuat dan membaca bagan tentang
silsilah keluarga Ali bin Abi Thalib
-Membaca buku tentang kepribadian Ali bin Abi Thalib
-Melihat video durasi pendek tentang riwayat
hidup Abu Bakar.
-Berdiskusi mengenai cara khalifah Ali
bin Abi Thalib dalam memimpin umat
|
8Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
-
Internet
|
-LCD
-Film
tentang Ali bin Abi Thalib
-Gambar khalifah Ali bin Abi Thalib
-Gambar
silsilah keturunan Ali bin Abi Thalib
|
1. Tes Tulis
2. Performance / Presentasi
3.Diskusi
|
1.Jelaskan
riwayat hidup Ali bin Abi Thalib
Dengan jelas jelas!
2.Bagaimanakah
sislsilah keturunan dari Ali bin Abi Thalib
?
3.Bagaimanacara yang yang dilakukan
Ali dalam memimpin umat ?
4.Jelaskan sebab terjadinya perang
jamal dan paparkan pula proses terjadinya ?
5.Apakah penyebab terjadinya perang
shiffin?
6.Gerakan apa sajakah yang dilakukan
khalifah Ali bin Abi Thalib dalam melawan pemberontak ?
7.Kelompok-kelompok apasajakah yang
muncul pada masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib ?
|
-Butir soal
-Keaktifan
-Ketepatan Jawaban
-Kekompakan dalam kerja kelompok
|
|
4.2 Menunjukan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
1 Menjelaskan perjuangan khalifah Ali
bin Abi Thalib dalam mengatasi perpecahan dan kekacauan dalam negri
2.Menceritakan kemampuan khalifah Ali
bin Abi Thalib dalam mengatasi roda pemerintahan yang kurang menguntungkan
|
Ali
bin Abi Thalib merupakan khalifah yang berwatak ramah, bersahabat, saleh, dan juga
pemberani. Ia juga dikenal sebagai seorang yang gagah pemberani, tangkas, dan
pandai bermain pedang. Ketika menjadi khalifah, ia mengerahkan segala
potensinya untuk mengatasi perpecahan umat dan kekacauan dalam negri.
|
Mencermati
penjelasan guru tentang nilai-nilai positif dari khalifah Ali
bin Abi Thalib
|
4 Jam
|
-Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
-
Internet
|
-LCD
-
Papan tulis
-Gambar
khalifah Ali bin Abi Thalib
|
1.Tes Tulis
|
1.Jelaskan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
dalam mengatasi perpecahan dan kekacauan dalam negri !
2. Bagaimanakah peran khalifah Ali bin
Abi Thalib dalam mengatasi roda pemerintahan ?
|
Butir soal
|
|
4.3 Meneladani nila-nilai positif dari
kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
1.Meneladani sikap khalifah Ali yang
tangkas, berani dan gagah
2. Meneladani kerja keras khalifah Ali
bin Abi Thalib dalam mengatasi persoalan umat yang diimplikasikan dalam
kehidupan masa kini
3.
Meneladani sikap Ali yang tangguh dalam menghadapi para pemberontak
4.Meneladani perjuangan khalifah Ali
bin Abi Thalib dalam menjaga keutuhan umat
|
Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai
seorang yang gagah pemberani, tangkas, dan pandai bermain pedang. Ketika
menjadi khalifah, ia mengerahkan segala potensinya untuk mengatasi perpecahan
umat dan kekacauan dalam negri. Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah yang
ditetapkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Akan tetapi ia mampu
menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Ali bin Abi Thalib senantiasa berjuang
demi keutuhan umat. Apabila para pemimpin pada zaman sekarang mau mengambil
pelajaran dari khalifah Ali bin Abi Thalib, maka kekacauan negri dapat mudah
teratasi.
|
Membiasakan meneladani sifat
kedermawanan Ali bin Abi Thalibsehari-hari
|
4 jam
|
Buku
paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
-Buku
Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM
. (Khoiriyah, Teras : 2012)
Sirah Khulafaurrasyidin : A.
Kholid
|
-LCD
-
Papan Tulis
-Media
pendukung lain yang relevan
|
Diskusi
|
Hal apa sajakah yang dapat kita
teladani dari kepemimpinan Ali bin Abi Thalib ?
|
-keaktifan
-kerjasama
-ketepatan jawaban
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar