Kamis, 04 Juni 2015

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM( SKI )
KELA VI SEMESTER I
Identitas Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan
:



Kelas / Semester
:
VI / I


Mata Pelajaran
:
Sejarah Kebudayaan Islam


Jumlah Pertemuan
:
6 kali


Standar Kompetensi
;
1. Mengenal sejarah Khalifaj Abu Bakar as-Shiddiq


Kompetensi Dasar
:
1.1 Menjelaskan arti dan tugas Khulafaurrasyidin


Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat menjelaskan arti dan tugas Khulafaurrasyidin


Materi Ajar
:
Pengertian dan tugas khulafaurrasyidin


Alokasi Waktu
:
6 x 35 Menit


Metode Pengajaran
:
Metode Ceramah
Metode Diskusi
Metode Tanya Jawab
Metode Drill


Sember Belajar
:
1. Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
2. Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
3. LKS
4.  Internet
5.Sumber belajar lain yang relevan




Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Pendahuluan ( 10 menit )
§  Guru memberikan salam dan memulai pembelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pembelajaran.
§  Siswa membuka buku SKI, dan membuka bab yang akan dipelajari
§  Secara bersama membaca materi dan sub materi.
§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
§  Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran

Kegiatan inti ( 50 Menit )
1.      Eksplorasi

§  Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberi pertanyaan yang berkaitan dengan materi., dan sebagainya.
§  Dengan bimbingan guru, siswa secara kelompok mendiskusikan  materi yang terbuat di buku paket siswa.
§  Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah didiskusikan
§  Guru memberikan kesempatan kepada siwa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2.      Elaborasi

§  Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat dalam buku materi pegangan siswa.
§  Guru menugaskan beberapa siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejaran masyarakat Arab pra Islam.
§  Guru menjelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang masyarakat Arab pra Islam.
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
§  Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
§  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
§  Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.


3.      Konfirmasi

§  Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perorangan yang telah mencapai tujuan pembelajaran.
§  Dengan bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang tel;ah dilakukan.
§  Guru memfasilitasi siwa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
§  Guru memotivasi siswa  yang kurang atau belum berpartisipasi secara aktif.

Kegiatan akhir ( 10 menit )
§  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
§  Guru menilai/merefleksi  kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
§  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§  Guru meminta siswa untuk mengerjakan sosal-soal latihan yang telah disediakan.
§  Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya belajar tentang materi.
§  Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siwa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.


Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
Tes tulis

Jawaban singkat
1.       Jelaskan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa istilah !
2.       Bedakan tugas khulafaurrasyidin sebagai kepala Negara dengan pemimpin umat ?

Mengkonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
Performance
Jawaban singkat
Membedakan tugas khulafaurrasyidin sebagai kepala Negara dan pemimpin umat
Tes tulis
Jawaban singkat




Tes Hasil Belajar
Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan tes tertulis
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
Skor
1



2



Jumlah skor maksimum
100

Tes Pengamatan
a.       Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No
Nama
Keaktifan
Ketepatan
Kerjasama
Skor












Jumlah skor





b.      Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan Performance

No
Nama
Keaktifan
Ketepatan
Skor










Jumlah skor




Keterangan :
A = Sangat Baik                 B = Baik                                C = Cukup                            D = Kurang

Mengetahui :                                                                           Purwokerto, 10 Juni 2015
Kepala Madrasah                                         Guru bidang studi SKI


.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM( SKI )
KELA VI SEMESTER I
Identitas Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan
:



Kelas / Semester
:
VI / I


Mata Pelajaran
:
Sejarah Kebudayaan Islam


Jumlah Pertemuan
:



Standar Kompetensi
;
1. Mengenal sejarah Khalifaj Abu Bakar as-Shiddiq


Kompetensi Dasar
:
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan Perjuanganya dalam dakwah islam


Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat Menjelaskan silsilah keturunan dan kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dengan tepat


Materi Ajar
:
-riwayat hidup Abu Bakar
-Silsilah keluarga Abu Bakar
-sifat bersih dan jujur, setia dan kelembutan hati dari Abu Bakar


Alokasi Waktu
:



Metode Pengajaran
:
Metode Ceramah
Metode Diskusi
Metode Tanya Jawab
Metode Drill


Sember Belajar
:
1. Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas enam karangan N.Abbas Wahid dan Suratno
2. Buku Reorientasi Wawasan: SEJARAH ISLAM . (Khoiriyah, Teras : 2012)
3. LKS
4.  Internet
5.Sumber belajar lain yang relevan




Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Pendahuluan ( 10 menit )
§  Guru memberikan salam dan memulai pembelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pembelajaran.
§  Siswa membuka buku SKI, dan membuka bab yang akan dipelajari
§  Secara bersama membaca materi dan sub materi.
§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
§  Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran

Kegiatan inti ( 50 Menit )
4.      Eksplorasi

§  Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberi pertanyaan yang berkaitan dengan materi., dan sebagainya.
§  Dengan bimbingan guru, siswa secara kelompok mendiskusikan  materi yang terbuat di buku paket siswa.
§  Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah didiskusikan
§  Guru memberikan kesempatan kepada siwa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

5.      Elaborasi

§  Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat dalam buku materi pegangan siswa.
§  Guru menugaskan beberapa siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejaran masyarakat Arab pra Islam.
§  Guru menjelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang masyarakat Arab pra Islam.
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
§  Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
§  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
§  Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

6.      Konfirmasi

§  Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perorangan yang telah mencapai tujuan pembelajaran.
§  Dengan bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang tel;ah dilakukan.
§  Guru memfasilitasi siwa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
§  Guru memotivasi siswa  yang kurang atau belum berpartisipasi secara aktif.

Kegiatan akhir ( 10 menit )
§  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
§  Guru menilai/merefleksi  kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
§  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§  Guru meminta siswa untuk mengerjakan sosal-soal latihan yang telah disediakan.
§  Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya belajar tentang materi.
§  Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siwa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
1. Menceritakan riwayat hidup Abu Bakar as-Shiddiq sejak lahir hingga wafatnya
Performance
Jawaban lengkap
1.       Jelaskan silsilah keturunan Abu Bakar as-Shiddiq hingga bertemu  nasab dengan Nabi Muhammad SAW.
2.       Jelaskan mengapa Abu Bakar mendapt gelar as-shiddiq ?
2. Menjelaskan silsilah keturunan Abu Bakar as-Shiddiq
Tes Tulis
Uraian
3.      Menjelaskan kesetiaan Abu Bakar as-Shiddiq sebagai sahabat Rasulullah SAW

Tes Tulis
Jawaban singkat
4.Menceritakan kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq yang dikenal bersih dan jujur
Tes tulis
Jawaban Singkat

5. Menceritakan kepiwaian Abu Bakar dalam mengajak sahabat untuk masuk islam ketika dakwah Rasulullah SAW masih dilakukan secara sembunyi-sembunyi
Performance
Jawaban lengkap




Tes Hasil Belajar
Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan tes tertulis
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
Skor
1



2



Jumlah skor maksimum
100

Tes Pengamatan
c.       Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No
Nama
Keaktifan
Ketepatan
Kerjasama
Skor












Jumlah skor





d.      Proses penilaian dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan Performance

No
Nama
Keaktifan
Ketepatan
Skor










Jumlah skor




Keterangan :
A = Sangat Baik                 B = Baik                                C = Cukup                            D = Kurang


Mengetahui :                                                                           Purwokerto, 10 Juni 2015
Kepala Madrasah                                      Guru bidang studi SKI







Tidak ada komentar:

Posting Komentar